8 Kuil Shinto Terindah di Jepang

0 komentar
8 Kuil Shinto Terindah di Jepang

Moshi-moshi minasan, kali ini saya akan membagi berbagai informasi tentang 8 kuil shinto di Jepang yang menurut saya terindah dan bagus dilihat dari arsitektur bangunannya dan sejarah pembangunan kuil ini. Langsung saja inilah 8 Kuil Shinto Terindah tersebut yang perlu Anda ketahui.

1. Kuil Yasukuni
    adalah sebuah kuil Shinto di Tokyo, Jepang. Kuil ini dibangun untuk mengenang para warga Jepang yang tewas dalam perang, termasuk 14 orang yang dinyatakan sebagai penjahat perang Kelas A setelah Perang Dunia II. Terhitung Oktober 2003, Buku Jiwa yang terdapat di dalam kuil tersebut mencatat 2.466.495 nama tentara Jepang dan tentara bekas jajahannya (Korea dan Taiwan) yang terbunuh dalam perang. Tetapi banyak orang Republik Rakyat Cina, Taiwan dan Korea yang tidak senang atas kunjungan Perdana Menteri Junichiro Koizumi ke sana.

Kuil Yasukuni


2. Kuil Meiji
    Kuil Meiji, berlokasi di Shibuya, Tokyo, merupakan Kuil Shinto yang didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shōken. Kuil Meiji dijadikan salah satu tempat kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton pada 2009. Setelah tiba di Tokyo dalam kunjungan luar negeri pertamanya sebagai menteri luar negeri dan untuk mewakili presiden terpilih baru Amerika Serikat Barrack Obama, ia terlebih dahulu mengunjungi Kuil Meiji untuk bertemu dengan pemimpin Jepang sebagai gambaran penghormatannya terhadap sejarah dan kebudayaan Jepang. Pada Januari 2010 Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle pun memperlihatkan pengormatan yang sama ketika ia memutuskan untuk mengunjungi kuil ini.

Kuil Meiji


3. Fushimi Inari Taisha
    adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Selain itu, kuil ini berada dalam kelompok 7 kuil papan atas dari daftar 22 kuil utama. Dalam sistem lama peringkat kuil Shinto, kuil ini merupakan salah satu dari kuil resmi yang didanai pemerintah Jepang.

Fushimi Inari Taisha


4. Kuil Shinto
    adalah struktur permanen dari kayu yang dibangun untuk pemujaan berdasarkan kepercayaan Shinto. Bangunan kuil Shinto dibangun dengan arsitektur tradisional Jepang. Walaupun dari luar terlihat seperti bangunan tradisional Jepang, kuil Shinto zaman sekarang dibangun dengan teknologi konstruksi modern berdasarkan standar bangunan antigempa dan antikebakaran, termasuk penggunaan beton bertulang untuk sebagian bangunan kuil.

Kuil Shinto


5. Izumo Taisha
    adalah kuil Shinto yang berada di kota Izumo, Prefektur Shimane, Jepang. Nama resmi kuil ini adalah Izumo Ōyashiro. Kuil ini memuliakan Ookuninushi yang dikenal sebagai Kami ikatan cinta dan perkawinan. Di seluruh Jepang, bulan ke-10 kalender lunisolar disebut Kannazuki atau Kaminashizuki (bulan tidak ada dewa), tetapi di Izumo disebut Kamiarizuki (bulan ada dewa). Alasannya pada bulan tersebut di kuil Izumo berlangsung pertemuan 8 juta dewa yang berkumpul dari seluruh Jepang. Pertemuan ini disebut Kamiari Matsuri dan berlangsung dari hari ke-11 hingga hari ke-17 bulan 10 kalender lunisolar.

Izumo Taisha


6. Kuil Itsukushima
    adalah kuil Shinto di Pulau Itsukushima (Pulau Miyajima), Hatsukaichi, Prefektur Hiroshima, Jepang. Didirikan lebih dari 1.400 tahun yang lalu, kuil Itsukushima merupakan salah satu situs peninggalan budaya Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdaftar sejak tahun 1996. Pada zaman dulu, Pulau Itsukushima adalah pulau suci yang tidak boleh dimasuki sembarang orang. Oleh karena itu, bangunan kuil didirikan di Teluk Itsukushima dengan menyerupai sebuah bangunan dermaga. Bangunan torii berwarna oranye menyala yang terlihat bagaikan mengambang di tengah laut merupakan ciri khas kuil Itsukushima. Kuil ini termasuk salah satu tujuan pariwisata yang paling populer di Jepang. Torii terlihat mengambang di tengah laut ketika air pasang, tapi bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika air surut.

Kuil Itsukushima


7. Osaka Temmangu
    adalah kuil Shinto yang terdapat di distrik Kita-ku, Osaka, Jepang. Kuil Osaka Temmangu setiap tahunnya di tanggal 24 Juli dan 25 Juli menyelenggarakan festival Tenjinmatsuri yang merupakan salah satu dari tiga festival musim panas terbesar di Jepang bersama-sama dengan Kanda Matsuri dan Gion Matsuri. Dewa yang dipuja bernama Sugawara Michizane, seorang aristokrat, politikus ulung, dan sastrawan ternama. Kuil ini sering disebut sebagai Temma no Tenjinsan dan populer di kalangan murid-murid sekolah di Jepang yang meminta berkah agar lulus dalam ujian sekolah.

Osaka Temmangu


8. Kuil Takeda
    adalah sebuah kuil tempat pemujaan pemeluk agama Shinto yang terletak di kota Kōfu, prefektur Yamanashi, Jepang. Kuil Takeda merupakan kuil Shinto paling terkenal di prefektur Yanamanshi.  Kuil ini dibangun untuk menghormati dan mengabadikan roh Takeda Shingen, seorang tuan tanah dan pemimpin pasukan perang di akhir masa Sengoku. Kuil ini didirikan di tempat di mana tiga generasi keluarga Takeda (Nobutora, Shingen, dan Katsuyori) pernah tinggal. Setiap tanggal 12 April mulai jam 9 pagi, terdapat perayaan tahunan untuk memperingati hari berdirinya kuil Takeda. Setiap hari tahun baru, sebanyak 200.000 ribu orang, baik dari prefektur Yamanashi atau dari prefektur lain, akan memenuhi Kuil Takeda untuk berdoa.

Kuil Takeda

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...