Cara Membuat Dorayaki

1 komentar
Doraemon

Moshi-moshi minasan, Anda pastinya pernah nonton film Doraemon kan ?? Badannya yang gemuk, imut dan punya kantong ajaib ini ternyata sangat menyukai kue Dorayaki yang merupakan kue tradisional Jepang. Akan tetapi kali ini saya akan membagi informasi tentang Cara Membuat Dorayaki. Ingin tahu bagaimana cara dan bahan-bahan yang digunakan, berikut informasinya dan semoga bermanfaat bagi Anda.
Sebelum langsung ke Cara Membuat Dorayaki, alangkah baiknya anda juga perlu mengetahui bahwa kebanyakan orang Jepang juga sangat menyukai kue yang terbuat dari selai kacang merah dan kulit yang mirip dengan castella tersebut. Selain di toko khusus kue Jepang, Dorayaki juga dapat dibeli di setiap supermarket atau minimarket yang ada di seluruh Jepang. Bagi orang Jepang, Dorayaki merupakan salah satu kue nasional yang digemari oleh segala umur mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Dorayaki

Kue Dorayaki ini sebenarnya sangat mudah dibuat. Untuk bahannya juga, tidak ada yang istimewa. Semuanya bisa didapat di Indonesia. Walaupun akhir-akhir ini Dorayaki sudah bisa dibeli di beberapa tempat di Indonesia seperti mall dan festival Jepang, tempat yang menjajakan makanan ini mungkin bisa dibilang masih terbatas jumlahnya. Kalau ada yang penasaran dengan kue kesukaan Doraemon ini, bagaimana kalau pada kesempatan ini kita coba membuatnya sendiri? Berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya:







Dorayaki

Bahan isi : 200 gram kacang merah, 250 gram gula pasir, dan sedikit garam.
Bahan kulit (untuk 6 buah): 3 butir telur, 100 gram gula pasir, 150 gram tepung terigu protein sedang (cake flour), 1 sdm madu, 1/3 sdt baking powder (atau soda kue), dan 40~60 ml air putih.

Cara membuat selai kacang merah (bahan isi) :

  1. Cuci kacang merah dan rendam dalam air selama satu malam.
  2. Rebus kacang merah yang telah direndam dalam air hingga lunak (sekitar satu jam lebih).
  3. Tambahkan gula pasir dan garam, lalu aduk sampai merata.
  4. Rebus selai kacang hingga matang. Memang terlihat seperti terlalu banyak mengandung air, tetapi sebenarnya kadar air yang berlebihan di dalamnya akan pelahan-pelahan menghilang selama didinginkan.
Cara membuat dorayaki sendiri :
  1. Ayak tepung terigu, lalu aduk dengan baking powder sampai rata.
  2. Masukkan bahan kulit ke dalam baskom dengan urutan: telur, gula, madu, dan tepung terigu yang dicampur dengan baking powder (adonan kulit).
  3. Aduk adonan kulit dengan alat pengocok sambil ditambahkan air putih sedikit demi sedikit supaya adonannya tidak terlalu lunak.
  4. Diamkan adonan kulit yang ditutup dengan plastik pembungkus di dalam kulkas selama sekitar 15 menit.
  5. Panaskan penggorengan anti lengket (teflon), lalu olesi dengan minyak goreng.
  6. Tuangkan adonan kulit ke dalam penggorengan dengan diameter sekitar 10 cm, lalu tutup dan panggang dengan api kecil.
  7. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaannya.
  8. Balikkan dan panggang lagi kulitnya sebentar, lalu angkat.
  9. Ambil dua kulit, lalu oleskan salah satunya dengan selai kacang merah.
  10. Tutup dengan kulit lainnya seperti burger.
Dan selesaiii...Dorayaki siap untuk disajikan dan semoga rasanya lezat. Itadakimasu !!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...