Bela Diri Ala Jepang

1 komentar

Moshi-moshi minasan, olahraga adalah aktivitas yang membuat kita bugar dan segar. Manfaat olahraga juga dapat mempertahankan tubuh kita dari berbagai gangguan penyakit sehingga sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan tersetruktur dengan baik. Akan tetapi jenis olahraga sangatlah beragam seperti halnya di Negara Jepang ini mempunyai jenis olahraga Bela Diri yang cukup terkenal bahkan sampai dunia. Berikut macam Bela Diri Ala Jepang.

1. Karate
Karate
Ini dia bela diri yang sangat populer di dunia internasional, bahkan di Indonesia sendiri. Kata Karate terdiri atas dua kanji, kara berarti kosong dan te berarti tangan, sehingga arti karate sendiri merupakan bela diri dengan menggunakan tangan kosong. Bapak karate dunia adalah Gichin Funakoshi yang juga merupakan salah satu pencipta karate yang kita kenal saat ini. Karate bukan hanya menjadi olahraga Jepang saja, melainkan juga menjadi olahraga internasional yang banyak dipelajari berbagai negara. Karate sendiri terdiri atas 3 teknik, yaitu Kihon(jurus), Kata(bentuk atau pola), dan Kumite(pertemuan tangan yang berarti pertandingan atau latihan pertandingan). Selain itu, karate juga memiliki tingkatan yang ditandai dengan obi(sabuk) yang diikatkan pada karategi(pakaian khusus karate).


2. Judo
Judo
Judo adalah salah satu bela diri yang sudah terkenal di seluruh dunia hingga menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk dalam olimpiade. Olahraga yang diciptakan oleh Kano Jigoro ini menggunakan teknik bantingan dan kuncian sehingga pakaian khas dipakai oleh para pejudo(judogi) rata-rata lebih tebal daripada karategi. Teknik bantingan (nage waza) dibedakan menjadi teknik berdiri dan teknik menjatuhkan diri. Masing-masing teknik tersebut dibagi lagi berdasarkan target atau sasaran. Sedangkan teknik jepit dan teknik sambungan hampir sama dengan karate, tingkatan dalam judo dibedakan berdasarkan warna ikat pinggang.


3. Kendo

Kendo
Kendo termasuk ke dalam seni bela diri modern yang berasal dari masa samurai. Secara harfiah arti Kendo berasal dari ken berarti pedang dan do berarto jalan, sehingga seni bela diri ini merupakan jalan untuk menuju jiwa samurai yang pemberani dan loyal. Teknik dalam kendo dibagi menjadi empat, yaitu Ashi-Sabaki(teknik melangkah), Kihon(teknik dasar), Waza(teknik lanjutan), dan Keiko(latihan). Bela diri ini bukan hanya membentuk kekuatan fisik, melainkan juga mental yang kuat seperti layaknya samurai. Berbeda dengan karate dan judo, peralatan dalam kendo lebih lengkap karena menggunakan pedan dan pelindung, diantaranya seragam(kendogi), pedang dari bambu(shinai), dan bogu yang terdiri atas pelindung kepala, badan, tangan, paha dan kemaluan(men, do, kote, dan tare)

1 komentar:

Ram Dhany mengatakan...

Jujutsu.aikido.jiu jutsu.kempo.ko ga dimasukin gan?

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...